Beranda > Renungan Harian > RH: Obat bagi Hati

RH: Obat bagi Hati

Bacaan hari ini: Yesaya 40:1-5
Ayat mas hari ini: Amsal 16:24
Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 28,29; Yohanes 17

Dua katak terjatuh ke lubang yang dalam. Keduanya berusaha melompat keluar, tetapi tidak berhasil. Menyadari lubang itu terlalu dalam bagi seekor katak, maka katak-katak yang lain meneriaki mereka agar menyerah saja. Menyuruh mereka mengikhlaskan diri untuk mati saja di situ, sebab upaya mereka akan sia-sia. Salah satu katak percaya akan teriakan teman-temannya. Ia putus asa dan menyerah untuk mati. Tetapi yang lain tidak. Ketika para katak berteriak, ia justru makin giat melompat. Dan akhirnya, ia berhasil keluar! Teman-temannya heran dan baru tahu kemudian, ternyata katak itu tuli. Ternyata, tadi ia mengira teman-temannya menyorakinya untuk terus berjuang.

Umat Yehuda yang terjerumus di “lubang” pembuangan Babel sudah lelah berharap. Letih menanggung hukuman Tuhan. Terpuruk akibat penindasan penjajah. Mereka rindu kampung halaman dan haus kelepasan. Nabi Yesaya diutus Tuhan untuk membangkitkan semangat mereka yang patah. Dengan apa? Dengan kata-kata penghiburan! Dengan seruan pendorong semangat! Dengan suara penyulut api pengharapan. Dengan perkataan-perkataan yang membangun. Itulah yang mereka butuhkan. Dan Tuhan memenuhinya.

Perkataan yang diterima oleh otak kita sungguh berdampak dahsyat. Perkataan yang negatif menjatuhkan semangat. Meruntuhkan harga diri. Mengacaukan pikiran dan suasana hati. Sebaliknya, perkataan yang positif membangkitkan gairah. Menyalakan harapan. Memberi kekuatan. Seperti obat yang menyembuhkan. Banyak orang memerlukan siraman rohani dari ucapan mulut kita. Jadi, perbanyaklah kata-kata penghiburan, dari bibir kita.

DALAM PERKATAAN SELALU TERKANDUNG KUASA

BISA MEMATIKAN, BISA JUGA MENGHIDUPKAN

Kategori:Renungan Harian
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: