Beranda > Renungan Harian > Hitung Sampai 10

Hitung Sampai 10

Bacaan hari ini: 2 Samuel 19:15-23
Ayat mas hari ini: Amsal 10:31
Bacaan Alkitab Setahun: Nehemia 1-3; Kisah Para Rasul 2:1-21

Seorang pelayan toko sedang menjawab pertanyaan pelanggan, “Iya, Bu. Tetapi itu sudah lama tidak ada.” Manajer toko yang kebetulan lewat terkejut, dan segera berkata kepada si pelayan, “Apa? Sudah lama tidak ada? Maaf, Bu, ia salah. Pasti ada. Ia karyawan baru di sini. Ia tidak tahu bahwa toko kami menyediakan semua kebutuhan. Ini toko serbaada, Bu. Jadi jangan khawatir, kami pasti punya persediaannya di gudang. Sekarang, saya sendiri yang akan mengambilkannya untuk Ibu. Apa yang menurutnya sudah lama tidak ada?” Ibu itu menjawab, “Kucing liar.”

Cerita di atas pesannya sederhana, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan (jump to conclusion). Bertindak tanpa berpikir panjang hanya akan menciptakan masalah baru. Lebih dari itu, tindakan emosional tidak jarang malah memperlihatkan kebodohan dan kelemahan kita sendiri. Selain bisa mencelakakan orang lain, bisa juga mencelakakan diri kita sendiri.

Itulah yang terjadi pada Simei bin Gera, salah seorang kerabat Saul. Tanpa berpikir panjang ia telah mengutuki Daud (2 Samuel 16:5-14). Tampaknya Simei membenci Daud karena menyangka Daud telah mengkhianati Saul. Untungnya ketika itu Daud tidak melayaninya. Di kemudian hari rupanya Simei menyadari kekeliruannya. Ia menyambut kedatangan Daud dan memohon ampun kepadanya (ayat 19,20). Sekali lagi ia beruntung karena Daud memaafkannya.

Jadi, baiklah kita mengingat ungkapan sederhana ini, “Sebelum mengomentari sesuatu, hitunglah sampai sepuluh”. Artinya, pikirkan baik-baik sebelum mengambil kesimpulan atau mengutarakan sesuatu. Kalau tidak ingin menyesal kelak.

BERBICARA TANPA BERPIKIR

HANYA AKAN MENIMBULKAN PENYESALAN

Kategori:Renungan Harian
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: