Beranda > Renungan Harian > Hidup oleh Iman

Hidup oleh Iman

Bacaan hari ini: Roma 1: 15-17
Ayat mas hari ini: Roma 1:17
Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 70-71; Roma 8:22-39

Hidup oleh iman”. Kita kerap mendengar slogan ini, bahkan mungkin terlalu se­ring. Apa sebenarnya artinya? Acap kali orang menjawab, “artinya ka­lau saya ber­iman, saya akan hidup.” Apa ar­tinya hi­dup? “Ya, saya masuk surga ka­lau saya ma­ti nanti. Pokoknya saya per­caya Yesus itu Tuhan, masuk surga, sele­sai sudah.”

Itu benar—kita di­selamat­kan karena kasih karunia oleh iman. Namun, tentu ti­dak selesai di situ. Apabila keselamatan se­ma­­ta urus­an masuk surga, kenapa kita ma­­sih hidup sekarang, tidak mati saja, su­paya langsung masuk surga? Atau mung­­­­­kin ada yang mengata­kan, ber­iman itu pokok­nya percaya Yesus itu Tuhan, titik. Ba­gaimana saya hidup, itu urusan lain. Ka­lau begitu, iman jenis ini cu­ma soal meng­­ha­­fal dalam pikiran seperti menghadapi ujian di sekolah.

Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma meminta supa­ya kita hidup oleh iman. Kata asli yang digunakan untuk “hidup” (ayat 17) di sini sebetulnya berbicara tentang suatu kekuatan, daya yang terus berkelanjutan. Dengan kata lain, Paulus hendak menekan­kan bahwa iman ada dalam kehidupan kita sehari-hari di mana pun dan kapan pun; saat kita makan, saat kita minum, saat kita bekerja, saat kita mengambil keputusan, saat kita hendak ber­be­lanja, saat kita hendak marah—iman memberikan “hidup” dalam hidup kita.

Contoh sederhana; soal tidur. Tanpa iman, banyak orang tidur dalam kekhawatiran, kegelisahan. Banyak orang tidur dengan hati tidak tenang, entah memikirkan pekerjaan, keuangan, dan lain-lain. Namun, iman yang membuat kita hidup adalah iman yang menja­di­kan kita dapat berkata seperti Daud, “Aku membaringkan diri, lalu tidur; aku bangun, sebab Tuhan menopang aku (Mazmur 3:6)

IMAN MEMBUAT HIDUP KITA JADI LEBIH HIDUP

SEHINGGA KITA DAPAT MERASAKAN KASIH TUHAN ITU CUKUP

Kategori:Renungan Harian
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: