Beranda > Artikel > Rembug Warga

Rembug Warga

Setiap organisasi, termasuk Gereja, mengadakan rapat-rapat untuk menata pelaksanaan tugas-tugas organisasi.Namun demikian hakekat dan fungsi rapat-rapat Gereja berbeda dengan hakekat dan fungsi rapat-rapat dalam organisasi pada umumnya.Perbedaan tersebut terjadi karena Gereja adalah Tubuh kristus yang mengutamakan ketaatannya kepada Kristus Sang Kepala Gereja.

Kata-kata “rembug warga” menunjuk kepada hakekat dari pertemuan, perembugan, musyawarah dan rapat warga suatu Jemaat, yaitu menghimpun saran, pendapat, nasehat dan gagasan warga untuk lebih memajukan Jemaat dalam memenuhi panggilannya dan dalam menjalankan Kegiatan Pelayanannya.

Penyelenggaraan Rembug Warga sebagaimana diatur dala Tata dan Pranata GKJW (Pranata tentang rapat-rapat Bab V Pasal 13) adalah sebagai berikut:

  1. Rembug Warga diadakan di tiap Jemaat Greja kristen jawi wetan sedikitnya sekali setahun.
  2. Penyelenggara serta penanggung jawab suatu Rembug Warga adalah Majelis Jemaat.
  3. Penyelenggaraan rembug Warga dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada warga secara bersama-sama turut memikirkan pelaksanaan panggilan serta kegiatan pelayanan gereja.
  4. Rembug Warga menghasilkan kesimpulan-kesimpulan yang isinya diperhatikan Majelis Jemaat dalam pelaksanaan tugas-tugasnya.

Lebih ditekankan dalam penjelasannya dalam rembug warga tidak diambil keputusan-keputusan, melainkan hanya kesimpulan-kesimpulan dan cara pelaksanaannya diserahkan kepada kebijakan Majelis yang bersangkutan.

ya2n>>sumber: tata dan pranata gkjw

Kategori:Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: