Beranda > Renungan Harian > Tetap Berjuanglah !!

Tetap Berjuanglah !!

Lukas 13: 22 – 30

Hidup adalah perjuangan. Perjuangan dalam hal apakah? Tentu masing-masing orang berbeda memaknainya. Dalam imanpun kita sebagai orang Kristen juga harus berjuang. Tuhan Yesus berfirman dalam Lukas 13:24,  “Berjuanglah….” Kalau  dalam iman orang percaya perlu perjuangan, ini sekaligus menunjukkan kepada kita bahwa ternyata iman Kristen itu adalah iman yang aktif dan bukan iman yang pasif. Aktif artinya bahwa iman Kristen itu senantiasa hidup dan bergerak. Dalam hal apa iman itu aktif? Ternyata seruan Tuhan Yesus “Berjuanglah…” ditujukan dalam hal keselamatan.

Betapa seringnya kita dalam iman memahami keselamatan kita itu sebagai pemberian. Terkesan bahwa keselamatan itu otomatis dan karena otomatis seolah apapun yang dilakukan pasti selamat. Dengan seruan dari Tuhan Yesus dalam bacaan kita hari ini, kita sekalian diingatkan kembali bahwa kita tidak dengan mudah mendapatkan keselamatan karena KESELAMATAN ITU HARUS DIPERJUANGKAN. Perjuangan kita dalam keselamatan adalah bukan untuk mendapatkan keselamatan tetapi untuk menjaga agar keselamatan itu tidak dicuri oleh si jahat (Iblis). Perjuangan mempertahankan keselamatan itu sungguh berat karena sesungguhnya lebih sulit mempertahankan dari pada mencarinya. Kita semua orang percaya tidak lagi mencari keselamatan sebab keselamatan itu sudah kita temukan dalam diri Tuhan Yesus melalui mati dan kebangkitannya. Kini yang perlu kita lakukan adalah perjuangan mempertahankan keselamatan. Artinya perjuangan untuk tetap beriman kepada Tuhan Yesus. Perjuangan untuk tetap mengikut Tuhan Yesus inilah yang disebut memikul salib.

Dalam kehidupan kita sehari-hari betapa beratnya perjuangan iman kita itu. Sebab, demi mempertahankan keselamatan kita yaitu dalam iman kepada Tuhan Yesus, kita sering disingkirkan, dimusuhi, dikucilkan. Lebih berat lagi karena kehidupan kita harus menjadi garam bagi orang yang tawar hati, menjadi terang bagi orang yang kegelapan hidup. Apakah kita mampu? Jelas kita mampu jika hidup kita benar-benar hanya memandang Tuhan Yesus yaitu hidup yang diarahkan kepada Tuhan Yesus. Jikalau kita lelah, resah itu wajar. Tetapi jika kita putus asa dan berhenti perjuang maka ingatlah, “…orang yang terakhir yang akan menjadi orang terdahulu, dan orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir…”(ayat 30). Selamat berjuang mempertahankan keselamatan dari Tuhan Yesus. Amin (to2k)

Kategori:Renungan Harian
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: