Beranda > Renungan Harian > Bijak Mengelola Konflik

Bijak Mengelola Konflik

Bacaan hari ini: 1 Korintus 1:10-17
Ayat mas hari ini: Galatia 5:22
Bacaan Alkitab Setahun: Pengkhotbah 1-3;2 Korintus 11: 16-33

Konflik berasal dari kata Latin, confligere, yang berarti percikan atau bunga api akibat gesekan. Konflik itu netral. Yang menjadikannya positif atau negatif adalah penanganannya. Konflik tidak pandang bulu. Ia bisa berada di mana saja ada interaksi. Termasuk di kalangan umat kristiani.

Situasi jemaat Korintus adalah buktinya. Ada perselisihan–bahkan, perpecahan di dalam jemaat. Penyebabnya adalah kekaguman yang berlebihan pada para tokoh. Ada kelompok yang mendukung bahkan memuja Paulus, yang berlawanan dengan kelompok penggemar Apolos, dan juga Petrus. Bahkan, ada pula yang menyebut diri sebagai kelompok Kristus! Terhadap hal ini, Paulus dengan tegas menyatakan: “Apakah Kristus terbagi-bagi? Apakah Paulus disalibkan karena kamu? Atau, apakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?” Paulus hendak menempatkan kekaguman yang berlebihan ini pada porsi yang wajar, yang tidak boleh melampaui batas kebenaran, yakni bahwa iman kepada Yesus Kristus adalah dasar gereja (1 Korintus 3:11). Dan bahwa Paulus, Apolos, serta Kefas adalah para pelayan Kristus–para mitra kerja Kristus–sehingga tak dapat menggantikan posisi Kristus.

Dalam hidup kita sebagai orang kristiani dan serta dalam persekutuan orang percaya, tak ada satu pun yang bebas konflik. Apabila Kristus tertutupi oleh karisma dan kekaguman pada seseorang, bunga api konflik bisa menjadi api yang berbahaya. Namun, jangan takut pada konflik. Sebab apabila Kristus–bukan tokoh lain mana pun, yang menjadi pusat hidup kita, maka segala konflik pasti dapat diatasi.

PENGELOLAAN KONFLIK SECARA BAIK

MENGHASILKAN KUALITAS HIDUP YANG LEBIH MURNI

Kategori:Renungan Harian
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: